Edit Model dengan MMD editor

1. Buka PMX Editor

2. Pilih Tampilan PMX edit > File > Open > Model PMX.
3. Maka, Model akan Tertampil pada Tampilan PMX view
4. Cari Model Penambah seperti Tas, Kacamata, dll. Drag ke PMX View.
5. Maka akan tertampil tampilan seperti settingan model yang ditambahkan.
Atur Setting seperti ini.
Lalu, Klik OK

6. Pilih Settingan Seperti Tampilan. di bagian atas. Seperti gambar ini
Di bagian tabel Vert/Mat Pilih ke bagian Material + Pilih Part dalam kotak List. yang termasuk dalam accecories yang ditambahkan.
Diuncentang
Kemudian, klik kanan pada list part.
pilih uncheck list

maka, pada tampilan akan terlihat sebuah object yang terlihat dalam tampilan.
kembali ke bagian PMX view.


kemudian, tahan kiri mouse. pada layar PMX view. sampai semua object sudah masuk.


7. kemudian nanti akan ada tanda warna arah yang dapat dikatakan X, Y dan Z
aturkan sesuai keberadaaan model yang diletakkan.
8. Warna model yang ditambahkan tidak terdetect. (letakkan warna yang ada hubungannya dengan model tersebut. Contohnya; BMP, Psh, dll).\
Cara melihatnya adalah
9. Kembali ke bagian jendela PMX Edit.
Bagian Material.


Klik bagian Material yang ada hubungannya dengan part yang dimasukkan ke dalam model.
Dibagian Texture akan terlihat. jika material tersebut didapat dari texture bernama apa. contohnya tex: t001.bmp Toon: Toon_lit.bmp Sphere: S.sph
9. pilih dibagian kotak warna. kita ambil contoh: Text dibagian kanan.
Maka, akan muncul tampilan sebagai berikut:


Pada tampilan Texview. pilih File> Texture Read> (pilih texture yang sesuai dengan nama defaultnya)> Open. Maka pada tampilan texview akan menampilkan warna sesuai dengan nama default warna part tersebut.
Pada tampilan Texview. pilih File> To change the current texture. >yes
lakukan secara ulang. sampai object tersebut. memiliki warna yang sesuai dengan default. pada Tex, Sphere, Toon.

10. Setelah selesai, melakukan pewarnaan ulang dengan mengikuti warna default material part tersebut.
Maka, Tinggal Save. Caranya; kembali ke Pmx Edit. Pilih File> In the Save> Rename nama sesuai kemauan anda. >pilih Save as type menjadi Pmx. > letakkan file pada texture perwarnaan yang digunakan untuk membuat model tersebut. > Save.

Jika ada pertanyaan Masuk Discord saja Link DIscord: https://discord.gg/CZhAp2V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar